SILABUS SMA
Satuan
Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran :
Geografi
Kelas/Semester : XI
Kompetensi
Inti :
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya.
2.
Mengembangkan
perilaku
(jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3.
Memahami dan
menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dalamilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Mensyukuri
kondisi keragaman flora dan fauna di Indonesia yang melimpah sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa.
1.2
Mensyukuri keragaman dan kelimpahan sumber
daya alam Indonesia sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih.
1.3
Mensyukuri potensi wilayah Indonesia dalam
penyediaan pangan, bahan industri, dan energi alternatif sebagai karunia
Tuhan Yang Maha Pengasih.
1.4
Menghayati peranan dirinya sebagai makhluk
Tuhan Yang Maha Esa yang diberi tanggung jawab untuk mengelola dan
melestarikan lingkungan alam.
|
|
|
|
|
|
2.1
Menunjukkan perilaku peduli terhadap
pelestarian dan perlindungan flora dan fauna langka di Indonesia dan
dunia.
2.2
Menunjukkan perilaku efisien dalam pemanfaatan sumberdaya alam bidang
pertanian, pertambangan, industri, dan pariwisata yang digunakan sehari-hari.
2.3
Menunjukkan sikap peduli dan tanggung jawab
dalam menghargai potensi geografis
Indonesia untuk ketahanan pangan nasional, penyediaan bahan industri, dan
energi alternatif
2.4
Menunjukkan sikap tanggung jawab sebagai
bagian dari warga negara Indonesia
dengan berusaha meningkatkan kualitas diri sendiri.
2.5
Menunjukkan sikap toleran sebagai bangsa
yang memiliki keragaman budaya dengan tetap mempertahankan identitas nasional
dalam konteks interaksi global.
2.6
Menunjukkan perilaku peduli terhadap
permasalahan lingkungan hidup di Indonesia dan dunia.
2.7
Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam
menjaga kelestarian lingkungan sekitarnya.
|
|
|
|
|
|
3.1
Menganalisis sebaran flora dan fauna di
Indonesia dan dunia berdasarkan karakteristik ekosistem dan region iklim.
4.1
Mengomunikasikan sebaran flora dan fauna di
Indonesia dan dunia berdasarkan karakteristik ekosistem dan region iklim
dalam bentuk artikel ilmiah, makalah, atau bahan publikasi lainnya.
|
SEBARAN
FLORA DAN FAUNA INDONESIA DAN DUNIA
-
Faktor-faktor yang mempengaruhi sebaran flora dan fauna
-
Sebaran flora dan
fauna di Indonesia
-
Sebaran flora dan fauna di dunia
-
Pemanfataan keanekaragaman hayati Indonesia
-
Konservasi flora dan fauna
|
Mengamati
·
Peserta didik diminta
untuk membaca buku sumber, gambar, atau
menyaksikan pemutaran video untuk mendapat wawasan pengetahuan tentang faktor-faktor
yang mempengaruhi sebaran flora dan fauna, sebaran flora dan fauna di Indonesia, sebaran flora dan fauna
di dunia, pemanfataan keanekaragaman hayati Indonesia, dan konservasi flora
dan fauna, atau
·
Peserta didik
diminta untuk observasi di lingkungan sekitar tentang keanekaragaman hayati
yang telah dimanfaatkan untuk obat-obatan dan pemenuhan bahan pangan dengan
mengisi tabel observasi.
Menanya
·
Peserta dididik
diminta untuk mengajukan pertanyaan tentang faktor-faktor sebaran flora dan
fauna Indonesia dan dunia kepada nara sumber yang kompeten di daerahnya, atau
·
Peserta didik
mengajukan hipotesis tentang pemanfataan keanekaragaman hayati dan upaya
konservasi flora dan fauna kaitanya dengan pengrusakan hutan dan alam
sekitar,
·
Kegiatan lainnya
dapat juga berdiskusi untuk membuat daftar pertanyaan yang nantinya dijadikan
pedoman dalam mencari data.
Mengeksperimenkan/
mengeksplorasi/mengumpulkan data:
·
Peserta didik
diminta untuk menjawab pertanyaan dan hipotesis yang diajukan terkait dengan
faktor-faktor
yang mempengaruhi sebaran
flora dan fauna, sebaran flora dan
fauna di Indonesia, sebaran flora dan fauna di dunia, pemanfataan
keanekaragaman hayati Indonesia, dan konservasi flora dan fauna.
·
Peserta didik diminta untuk berdiskusi dan
mengeksplorasi berdasarkan daftar pertanyaan yang telah disusun sebelumnya, atau
·
Peserta didik
membuat katalog flora dan fauna yang dilindungi. Katalog terdiri daftar nama
flora dan fana, asal daerah, dan keunikannya.
Mengasosiasi
·
Peserta didik
ditugasi untuk menganalisis informasi dari buku teks dan bacaan lainnya untuk
mendapatkan kesimpulkan tentang sebaran flora dan fauna di Indonesia dan
dunia.
·
Kegiatan lainnya yang
dapat dilakukan adalah mencari contoh kasus keterkaitan
teori yang telah dipelajarinya dengan gejala dan fenomena nyata tentang
sebaran flora dan fauna Indonesia dan dunia sehingga menjadi lebih bermakna,
atau
·
Peserta didik
menelaah dan mengajukan konsep pelestarian keanekaragaman hayati yang ada di
dunia atau dunia.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik
diminta mengomunikasikan hasil analisisnya dalam bentuk tulisan yang dilengkapi
dengan gambar, ilustrasi, animasi, audio visual, serta dibantu dengan perangkat teknologi
informasi dan komunikasi,
·
Peserta didik
diminta untuk membuat poster ajakan pelestarian flora dan fauna langka.
|
Tugas:
Peserta didik ditugasi membuat poster
tentang perlindungan flora dan fauna.
Observasi: mengamati aktivitas peserta didik dalam
proses mengumpulkan data, analisis data, pembuatan laporan, dan menyiapkan bahan yang akan dikomunikasikan (dipresentasikan).
Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam
penguasaan konsep dan teori tentang sebaran flora dan
fauna di Indonesia dan dunia. Bentuk tes dapat
berupa pilihan ganda atau tes uraian.
|
5 mgg xJP
|
-
Buku teks geografi kelas XI
-
Jurnal ilmiah
-
Informasi berkala instansi terkait
-
Media audio visual
-
foto fauna dan flora
-
Peta tematik
-
Sumber yang tersedia di jaringan internet,
|
3.2
Menganalisis sebaran barang tambang di Indonesia berdasarkan
nilai strategisnya.
4.2
Mengomunikasikan sebaran barang tambang di
Indonesia berdasarkan nilai strategisnya dalam bentuk artikel ilmiah,
makalah, atau bahan publikasi lainnya.
|
SEBARAN
BARANG TAMBANG INDONESIA
-
proses pembentukan barang tambang
-
potensi dan persebaran barang tambang
-
eksplorasi dan eksploitasi barang tambang ramah
lingkungan
-
pemanfaatan, efisiensi, dan reklamasi lokasi
pertambangan.
-
Tata kelola pertambangan
|
Mengamati
·
Peserta didik
diminta untuk mengamati peta persebaran potensi barang tambag Indonesia
berdasarkan jenis dan volumenya, atau
·
Peserta didik
diminta untuk menyaksikan pemutaran video,
membaca buku sumber, media masa
dan internet, berkunjung ke museum geologi, atau observasi di lingkungan
sekitar untuk mendapat wawasan pengetahuan tentang proses pembentukan
barang tambang, potensi dan persebaran barang tambang, eksplorasi dan
eksploitasi barang tambang ramah lingkungan, pemanfaatan, efisiensi dan
reklamasi lokasi pertambangan, serta tata kelola pertambangan.
Menanya
·
Peserta didik
ditugasi untuk mengajukan pertanyaan secara tertulis tentang banyak hal yang
belum diketahuinya tentang sebaran barang tambang Indonesia, atau
·
Peserta didik
diminta untuk membuat hipotesis tentang alternatif pemanfaatan, efisiensi
dan reklamasi lokasi pertambangan, serta tata kelola pertambangan. Pertanyaan atau hipotesis dibuat secara perorangan
atau kelompok.
Mengeksperimenkan/
mengeksplorasi/mengumpulkan data:
·
Peserta didik
diminta mencari data dan informasi terkait pertanyaan atau hipotesis tentang proses pembentukan barang
tambang, potensi dan persebaran barang tambang, eksplorasi dan eksploitasi
barang tambang ramah lingkungan, pemanfaatan, efisiensi dan reklamasi lokasi
pertambangan, serta tata kelola pertambangan.
·
Peserta didik diminta untuk membuat peta
sebaran barang tambang yang ada di daerahnya lengkap dengan katalognya.
Pembuatan peta dilakukan secara berkelompok.
Mengasosiasi
·
Peserta didik
diminta untuk menganalisis data dan informasi atau mencari contoh nyata dalam
kehidupan sehari-hari sehingga dapat menarik kesimpulan tentang arti penting
barang tambang dalam pembangunan nasional.
·
Peserta didik
diminta untuk menggunakan teori yang telah dipelajarinya untuk menyelesaikan
permasalahan kelangkaan barang tambang.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik
diminta menyampaikan hasil pekerjaannya (peta persebaran barang tambang) di
depan kelas dengan perangkat teknologi
informasi dan komunikasi, atau
·
Peserta didik
membuat artikel atau makalah tentang ketersediaan barang tambang dan
pemanfaatannya yang ada di daerahnya.
|
Tugas:
Peserta didik membuat peta
sebarang barang tambang yang ada di dearahnyanya
Observasi: mengamati
aktivitas peserta didik dalam menyajikan/ ekspose
hasil observasi atau kunjungan.
Portofolio:
Menilai
hasil pekerjaan pesetta didik seperti kumpulan tulisan,
gambar atau grafik
potensi barang tambang di Indonesia.
Tes:
Menilai
kemampuan peserta didik dalam penguasaan konsep dan teori tentang sebarang barang tambang di Indonesia.
|
5 mgg xJP
|
-
Buku teks geografi kls XI
-
Data barang tambang dari mementerian ESDM
-
Jurnal ilmiah
-
Informasi berkala instansi terkait
-
Media Visual
-
Sampel barang tambang
-
Peta tematik
-
Sumber lain yang diperoleh dari situs terkait di
internet,
|
3.3
Menganalisis kondisi geografis Indonesia
untuk ketahanan pangan nasional, penyediaan bahan industri, dan energi
alternatif.
4.3
Menyajikan data dan fakta kondisi geografis
Indonesia untuk memperkuat ketahanan pangan nasional, penyediaan bahan
industri, dan energi alternatif dalam bentuk narasi, tabel, peta, grafik, dan
atau peta konsep.
|
POTENSI
GEOGRAFIS INDONESIA
-
Luas dan batas teritorial
-
Potensi fisik dan sosial
-
Potensi geografis untuk ketahanan pangan,
-
Potensi geografis untuk penyediaan bahan industri
-
Potensi geografis untuk energi alternatif
|
Mengamati
·
Peserta didik diminta untuk mengamai peta/atlas
Indonesia, membaca referensi
dari berbagai sumber untuk mengidentifikasi luas dan batas teritorial,
potensi fisik dan sosial, potensi geografis untuk ketahanan pangan, potensi
geografis untuk penyediaan bahan industri, potensi geografis untuk energi
alternatif.
·
Peserta didik ditugasi untuk menyaksikan tayangan
video tertentu yang menggambarkan kekayaan potensi geografi Indonesia.
Menanya
·
Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang
luas dan batas teritorial, potensi fisik dan sosial, potensi geografis untuk
ketahanan pangan, penyediaan bahan industri, potensi geografis untuk energi
alternatif, atau
·
Peserta didik mengajukan hipotesis tentang
penyediaan ketahanan pangan, bahan industri, dan energi jika Indonesia tidak
mampu menyediakannya.
Mengeksperimenkan/
mengeksplorasi/mengumpulkan data:
·
Peserta didik diminta untuk menjawab
pertanyaan yang diajukannya dengan cara mencari berbagai sumber (peta, citra
inderaja, internet, media massa)
·
Peserta didik diminta untuk menjawab
hipotesis yang diajukan tentang ketahanan pangan, bahan industri, dan energi yang
semakin krisis di Indonesia.
Mengasosiasi
·
Peserta didik diminta untuk memberi contoh
tentang potensi geografis Indonesia sehingga peserta didik dapat menyimpulkan
tentang potensi geografis indonesia untuk kesejahteraan rakyat Indonesia,
atau
·
Peserta didik diminta untuk membuat artikel
yang berisis gagasan untuk mengatasi kelangkaan ketahanan pangan, bahan
industri, dan energi di Indonesia.
Mengomunikasikan
· Peserta
didik menyampaikan gagasan yang telah
dituangkannya dalam artikel tentang potensi dan kekayaan geografis Indonesia
melalui lisan, tulisan naratif, tabel, peta, grafik, dan atau peta konsep.
Kegiatan mengomunikasikan didukung oleh peta, citra penginderaan jauh, media
audio visual, dan atau diunggah di internet.
|
Tugas:
Peserta didik diminta untuk
membuat peta sebaran potensi lahan untuk ketahanan bahan pangan, industri dan
energi alernatif.
Observasi: mengamati aktivitas peserta didik
dalam diskusi, dan pengumpulan, analisis data, dan membuat laporan serta
bahan untuk dikomunikasi.
Portofolio:
Menilai kumpulan tugas hasil
pekerjaan peserta didik selama proses pembelajaran.
Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam
konsep yang berkaitan dengan potensi geografi Indonesia dalam dalam penyediaan bahan pangan,
industri, dan energi alternatif.
|
6 mgg xJP
|
-
Buku teks Geografi SMA kelas XII
-
Peta Indonesia,
-
Peta tematik
-
atlas,
-
citra Inderaja (penginderaan jauh)
-
media audio visual
-
Sumber lain yang terkait di situs terikat
di internet
-
dan lain-lain
|
3.4
Menganalisis dinamika dan masalah
kependudukan serta sumber daya manusia di Indonesia untuk pembangunan.
4.4
Menyajikan laporan observasi tentang
dinamika dan masalah kependudukan serta sumber daya manusia di Indonesia
dengan memperhatikan prinsip-prinsip geografi dalam bentuk makalah atau
bentuk publikasi lainnya.
|
DINAMIKA
DAN MASALAH KEPENDUDUKAN
-
Sumberdata kependudukan
-
Kuantitas dan analisis demografi
-
Kualitas penduduk
-
Mobilitas penduduk dan pengendaliannya.
-
Permasalahan kependudukan dan solusinya.
|
Mengamati
·
Peserta didik
diminta untuk membaca tabel, mengamati peta, membaca buku sumber, media masa dan internet untuk mendapat wawasan
pengetahuan tentang sumberdata kependudukan, kuantitas dan analisis
demografi, kualitas penduduk, mobilitas penduduk dan pengendaliannya, dan
permasalahan kependudukan dan solusinya.
·
Peserta didik
ditugasi untuk menyaksikan pemutaran video tentang ledakan penduduk dunia dan
dampaknya terhadap kerawanan sosial, atau
·
Peserta didik
diminta untuk observasi di lingkungan sekitar, seperti berkunjung ke BPS dan
instansi terkait dengan kependudukan.
Menanya
·
Peserta didik
diminta untuk mengajukan pertanyaan yang akan disampaikan kepada nara sumber
pada saat kunjungan atau observasi lapangan,
·
Kegiatan lainnya
dapat juga meminta peserta didik untuk merumuskan masalah, mengajukan
hipotesis, atau mengkritik teori yang ada tentang dinamika dan masalah
kependudukan.
Mengeksperimenkan/
mengeksplorasi/mengumpulkan data:
·
Peserta didik
diminta untuk mencari data dan informasi dari buku teks, jurnal, internet,
dan bacaan lain untuk menjawab masalah, pertanyaan, hipotesis, dan
berargumentasi tentang dinamika dan masalah kependudukan, atau
·
Peserta didik berdiskusi
untuk mencari solusi terkait dengan pengendalian jumlah penduduk, peningkatan
kualitas penduduk, dan mobilitas penduduk.
Mengasosiasi
·
Peserta didik
diminta untuk menganalisis data dan informasi
untuk dapat menyimpulkan
dinamika dan masalah ke pendudukan di Indonesia.
·
Kegiatan lainnya
dapat juga mencari contoh keterkaitan antara
teori yang telah dipelajarinya dengan kehidupan nyata.
Mengomunikasikan
·
Hasil analisis dalam bentuk tulisan yang telah dibuat peserta didik disampaikan
secara perorangan atau berkelompok di depan kelas,dipamerkan, atau diunggah
di internet.
·
Peserta didik
diwajibkan mengikuti lomba menulis artikel untuk dimuat di koran daerah.
|
Tugas:
Membuat artikel tentang solusi
mengatasi masalah kependudukan yang disampaikan kepada koran daerah.
Observasi: mengamati aktivitas peserta didik dalam
mengumpulkan data, analisis data, dan pembuatan laporan
Portofolio:
Menilai
kumpulan tulisan, gambar atau peta
dinamika dan masalah kependudukan di
Indonesia
Tes:
Menilai
kemampuan peserta didik dalam penguasaan konsep tentang dinamika dan masalah
kependudukan di Indonesia.
|
6 mgg xJP
|
-
Buku teks
geografi kelas XI
-
Data BPS
-
Jurnal ilmiah
-
Informasi berkala instansi terkait
-
Media Visual
-
Peta tematik
-
Situs terkait di internet,
|
3.5
Menganalisis keragaman budaya bangsa
sebagai identitas nasional dalam konteks interaksi global.
4.5
Menyajikan analisis keragaman budaya bangsa
sebagai identitas nasional pada konteks interaksi global dalam bentuk gambar
dan peta.
|
BUDAYA
NASIONAL DAN INTERAKSI GLOBAL
-
Sebaran keragaman budaya nasional
-
Identifikasi identitas nasional
-
Interaksi global pengaruhnya terhadap budaya nasional
-
Budaya tradisional sebagai potensi wisata dan ekonomi
kreatif.
|
Mengamati
·
Peserta didik
diminta untuk membaca tabel, mengamati peta, membaca buku sumber, media masa dan internet untuk mendapat wawasan
pengetahuan tentang sebaran keragaman
budaya nasional, identitas nasional, interaksi global pengaruhnya
terhadap budaya nasional, dan budaya tradisional sebagai potensi wisata dan
ekonomi kreatif.
·
Peserta didik
ditugasi untuk menyaksikan pemutaran video tentang budaya nasional, atau
·
Peserta didik
diminta untuk observasi di lingkungan yang terkait dengan pelestarian
kesenian tradisional.
Menanya
·
Peserta didik
diminta untuk mengajukan pertanyaan yang akan disampaikan kepada nara sumber
pada saat observasi lapangan,
·
Kegiatan lainnya
dapat juga meminta peserta didik untuk merumuskan masalah, mengajukan
hipotesis, atau mengkritik teori yang ada tentang pelestarian budaya nasional
di tengah budaya global.
Mengeksperimenkan/
mengeksplorasi/mengumpulkan data:
·
Peserta didik
diminta untuk mencari data dan informasi dari buku teks, jurnal, internet,
dan bacaan lain untuk menjawab masalah, pertanyaan, hipotesis, dan
berargumentasi tentang pelestarian budaya dan interaksi global, atau
·
Peserta didik
berdiskusi untuk mencari solusi terkait dengan pengembangan wisata dan
ekonomi kreatif berbasis budaya nasional.
·
Peserta didik
diminta untuk membuat peta sebaran budaya nasional lengkap dengan katalognya.
Mengasosiasi
·
Peserta didik
diminta untuk menganalisis data dan informasi
untuk dapat menyimpulkan masalah budaya dan interaksi global.
·
Kegiatan lainnya
dapat juga mencari contoh keterkaitan antara
teori yang telah dipelajarinya dengan kehidupan nyata.
Mengomunikasikan
·
Hasil
analisis dalam bentuk tulisan yang telah dibuat peserta didik disampaikan
secara perorangan atau berkelompok di depan kelas,dipamerkan, atau diunggah
di internet.
·
Peserta didik
diwajibkan mengikuti lomba menulis artikel tentang wisata budaya nasional
untuk dimuat di koran daerah.
|
Tugas:
Membuat artikel tentang budaya
nasional untuk disampaikan kepada koran daerah.
Observasi: mengamati aktivitas peserta didik dalam
mengumpulkan data, analisis data, dan pembuatan laporan
Portofolio:
Menilai
kumpulan tulisan, gambar atau peta
persebaran budaya nasional
Tes:
Menilai
kemampuan peserta didik dalam penguasaan konsep tentang budaya nasional dan interaksi global.
|
5 mgg xJP
|
-
Buku teks
geografi kelas XI
-
Jurnal ilmiah
-
Informasi berkala instansi terkait
-
Media Visual
-
Peta tematik
-
Situs terkait di internet,
|
3.6
Menganalisis bentuk-bentuk kearifan lokal
dalam pemanfaatan sumber daya alam bidang pertanian, pertambangan, industri,
dan pariwisata.
4.6
Menyajikan contoh tindakan bijaksana pada
pemanfaatan sumber daya alam bidang pertanian, pertambangan, industri, dan
pariwisata dalam bentuk makalah atau bentuk publikasi lainnya.
|
KEARIFAN
DALAM PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM
-
Kegiatan pertanian
-
Kegiatan pertambangan
-
Kegiatan industri dan jasa
-
sumberdaya energi ramah lingkungan dan terbarukan
-
Pemanfaatan sumberdaya alam dengan prinsip ekoefisiensi
-
AMDAL dan ekolabel.
|
Mengamati
·
Peserta didik
diminta untuk mengamati peta, membaca buku sumber, media masa dan internet, untuk mendapat wawasan
pengetahuan tentang kearifan dalam pemanfaatan sumberdaya alam dalam bidang
pertanian, pertambangan, industri dan jasa, energi ramah lingkungan dan
terbarukan, serta kebijakan tentang AMDAL dan ekolabel.
·
Peserta didik diminta
untuk menyaksikan pemutaran video tentang pemanfaatan sumber daya alam dengan
prinsip ekoefisiensi.
·
Peserta didik
diminta untuk observasi di lingkungan sekitar, berkunjung ke instansi terkait
(KESDM, KLH, dan Dinas Perindustrian dan perdagangan).
Menanya
·
Peserta didik
diminta untuk merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, atau mengkritik teori
(dan kebijakan) tentang pemanfaatan sumber daya alam.
·
Peserta didik
ditugasi untuk membuat daftar pertanyaan sebagai panduan dalam belajar
tentang kearifan dalam pemanfaatan sumber daya alam.
Mengeksperimenkan/
mengeksplorasi/mengumpulkan data:
·
Peserta didik
diminta untuk mencari data dan informasi untuk menjawab pertanyaan atau berargumentasi tentang tindakan arif dalam pemanfaatan
sumberdaya alam.
·
Peserta didik
ditugasi untuk berdiskusi dan membuat poster yang isinya tentang tindakan
arif dalam pemanfaatan sumberdaya alam.
Mengasosiasi
·
Peserta didik
diminta untuk menganalisis data dan informasi yang diperoleh dari buku paket,
referensi lain terkait untuk mendapatkan kesimpulan kearifan dalam
pemanfaatan sumberdaya alam.
·
Kegiatan lainnya
adalah menghubungkan teori yang telah
dipelajarinya dengan kehidupan nyata dengan cara memberi contoh konkrit
tentang kearifan dalam pemanfaatan sumber daya alam.
Mengomunikasikan
·
Hasil analisis
dan kesimpulan yang dibuat peserta
didik secara tertulis disampaikan dalam forum diskusi. Tulisan dilengkapi dengan
gambar. Presentasi dilengkapi dengan video dan animasi yang didukung oleh
perangkat teknologi informasi. Bentuk komunikasi
juga dapat dipamerkan atau diunggah di internet. Gagasannya juga dapat diusulkan
kepada intansi terkait.
|
Tugas:
Membuat artikel yang akan
diusulkan kepada intansi terkait sebagai usulan dalam mengatasi masalah yang
terkait dengan pemanfaatan sumber daya alam.
Observasi: mengamati aktivitas peserta didik dalam
mengumpulkan data, analisis data, dan pembuatan laporan
Tes:
Menilai
kemampuan peserta didik dalam
penguasaan konsep tentang kearifan pemanfaatan sumberdaya alam.
|
5 mgg xJP
|
-
Buku teks geografi kls XI
-
Data dan informasi dari KESDM, KLH, dan dinas terkait
-
Jurnal ilmiah
-
Informasi berkala instansi terkait
-
Media audio visual
-
Peta tematik
-
Situs terkait di internet,
-
Dan lain-lain
|
3.7
Mengevaluasi tindakan yang tepat dalam
pelestarian lingkungan hidup kaitannya dengan pembangunan yang berkelanjutan.
4.7
Mengomunikasikan contoh tindakan yang tepat dalam
pelestarian lingkungan hidup kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan dalam
bentuk makalah atau bentuk publikasi lainnya.
|
PELESTARIAN
LINGKUNGAN HIDUP DAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN
-
lingkungan hidup (aliran energi, rantai makanan, siklus
biogeokimia)
-
kualitas dan baku mutu lingkungan,
-
pencemaran, perusakan dan resiko lingkungan,
-
faktor-faktor penyebab pemanasan global
-
Implementasi pembangunan berkelanjutan
|
Mengamati
· Peserta didik diminta untuk mengamati peta, membaca tabel, membaca buku sumber, media masa dan
internet, untuk mendapat wawasan tentang lingkungan
hidup (aliran energi, rantai makanan, siklus biogeokimia), kualitas dan baku
mutu lingkungan, pencemaran, perusakan dan resiko lingkungan, faktor-faktor
penyebab pemanasan global, Implementasi pembangunan berkelanjutan.
· Peserta didik diminta untuk menyaksikan pemutaran video dengan tema
yang terkait dengan pembangunan yang berkelanjutan
· Peserta didik diminta ditugasi untuk observasi di lingkungan sekitar
atau berkunjung ke instansi terkait (KLH) untuk mengetahui permasalahan
lingkungan hidup.
Menanya
·
Peserta didik diminta
untuk mengajukan pertanyaan secara perorangan tentang kerusakan lingkungan.
·
Peserta didik diminta
untuk mengajukan hipotesis penanggulangan masalah lingkungan.
·
Peserta didik diminta
untuk mengkritik teori (dan kebijakan) tentang pelestarian lingkungan hidup
dan pembangunan berkelanjutan.
Mengeksperimenkan/
mengeksplorasi/mengumpulkan data:
·
Peserta didik
ditugasi untuk mencari data dan informasi untuk menjawab pertanyaan dan
hipotesis yang diajukan sebagai bahan berargumentasi tentang pelestarian
lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.
·
Peserta didik berdiskusi
tentang upaya pelestarian lingkungan hidup dengan produk karya berupa poster.
Mengasosiasi
·
Peserta didik
diminta untuk memberi contoh, menghubungkan antara teori dan kenyataan, atau
mengevaluasi tindakan dan
peran penduduk dalam pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.
·
Peserta didik
membuat artikel yang menganalisis faktor penghambat upaya pelestarian
lingkungan hidup.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik
mengomunikasian hasil analisis data
dan kesimpulan baik dalam bentuk tulisan maupun lisan dibantu dengan
perangkat teknologi informasi dan
komunikasi sehingga dapat dipresentasikan, dipamerkan, diunggah di internet,
atau gagasannya diusulkan kepada intansi terkait.
|
Tugas:
Membuat poster lingkungan hidup
secara berkelompok
Observasi: mengamati
aktivitas peserta didik dalam mengerjakan tugas dan
presentasi tentang pelestarian
lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan
Portofolio:
Menilai
kumpulan tugas berupa kliping, laporan observasi, laporan kerusakan
lingkungan dan pelestariannya.
Tes:
Menilai
kemampuan peserta didik dalam
penguasaan konsep tentang lingkungan
hidup dan pembangunan berkelanjutan.
|
4 mgg xJP
|
-
Buku teks geografi kls XI
-
Data KLH
-
Berita dan kasus yang dimuat di media massa.
-
Jurnal ilmiah
-
Informasi berkala instansi terkait
-
Media audio visual
-
Situs terkait di internet,
-
Dan lain-lain
|
SILABUS SMA
Satuan
Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran :
Geografi
Kelas/Semester : XI
Kompetensi
Inti :
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya.
2.
Mengembangkan
perilaku
(jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3.
Memahami dan
menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dalamilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Mensyukuri
kondisi keragaman flora dan fauna di Indonesia yang melimpah sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa.
1.2
Mensyukuri keragaman dan kelimpahan sumber
daya alam Indonesia sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih.
1.3
Mensyukuri potensi wilayah Indonesia dalam
penyediaan pangan, bahan industri, dan energi alternatif sebagai karunia
Tuhan Yang Maha Pengasih.
1.4
Menghayati peranan dirinya sebagai makhluk
Tuhan Yang Maha Esa yang diberi tanggung jawab untuk mengelola dan
melestarikan lingkungan alam.
|
|
|
|
|
|
2.1
Menunjukkan perilaku peduli terhadap
pelestarian dan perlindungan flora dan fauna langka di Indonesia dan
dunia.
2.2
Menunjukkan perilaku efisien dalam pemanfaatan sumberdaya alam bidang
pertanian, pertambangan, industri, dan pariwisata yang digunakan sehari-hari.
2.3
Menunjukkan sikap peduli dan tanggung jawab
dalam menghargai potensi geografis
Indonesia untuk ketahanan pangan nasional, penyediaan bahan industri, dan
energi alternatif
2.4
Menunjukkan sikap tanggung jawab sebagai
bagian dari warga negara Indonesia
dengan berusaha meningkatkan kualitas diri sendiri.
2.5
Menunjukkan sikap toleran sebagai bangsa
yang memiliki keragaman budaya dengan tetap mempertahankan identitas nasional
dalam konteks interaksi global.
2.6
Menunjukkan perilaku peduli terhadap
permasalahan lingkungan hidup di Indonesia dan dunia.
2.7
Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam
menjaga kelestarian lingkungan sekitarnya.
|
|
|
|
|
|
3.1
Menganalisis sebaran flora dan fauna di
Indonesia dan dunia berdasarkan karakteristik ekosistem dan region iklim.
4.1
Mengomunikasikan sebaran flora dan fauna di
Indonesia dan dunia berdasarkan karakteristik ekosistem dan region iklim
dalam bentuk artikel ilmiah, makalah, atau bahan publikasi lainnya.
|
SEBARAN
FLORA DAN FAUNA INDONESIA DAN DUNIA
-
Faktor-faktor yang mempengaruhi sebaran flora dan fauna
-
Sebaran flora dan
fauna di Indonesia
-
Sebaran flora dan fauna di dunia
-
Pemanfataan keanekaragaman hayati Indonesia
-
Konservasi flora dan fauna
|
Mengamati
·
Peserta didik diminta
untuk membaca buku sumber, gambar, atau
menyaksikan pemutaran video untuk mendapat wawasan pengetahuan tentang faktor-faktor
yang mempengaruhi sebaran flora dan fauna, sebaran flora dan fauna di Indonesia, sebaran flora dan fauna
di dunia, pemanfataan keanekaragaman hayati Indonesia, dan konservasi flora
dan fauna, atau
·
Peserta didik
diminta untuk observasi di lingkungan sekitar tentang keanekaragaman hayati
yang telah dimanfaatkan untuk obat-obatan dan pemenuhan bahan pangan dengan
mengisi tabel observasi.
Menanya
·
Peserta dididik
diminta untuk mengajukan pertanyaan tentang faktor-faktor sebaran flora dan
fauna Indonesia dan dunia kepada nara sumber yang kompeten di daerahnya, atau
·
Peserta didik
mengajukan hipotesis tentang pemanfataan keanekaragaman hayati dan upaya
konservasi flora dan fauna kaitanya dengan pengrusakan hutan dan alam
sekitar,
·
Kegiatan lainnya
dapat juga berdiskusi untuk membuat daftar pertanyaan yang nantinya dijadikan
pedoman dalam mencari data.
Mengeksperimenkan/
mengeksplorasi/mengumpulkan data:
·
Peserta didik
diminta untuk menjawab pertanyaan dan hipotesis yang diajukan terkait dengan
faktor-faktor
yang mempengaruhi sebaran
flora dan fauna, sebaran flora dan
fauna di Indonesia, sebaran flora dan fauna di dunia, pemanfataan
keanekaragaman hayati Indonesia, dan konservasi flora dan fauna.
·
Peserta didik diminta untuk berdiskusi dan
mengeksplorasi berdasarkan daftar pertanyaan yang telah disusun sebelumnya, atau
·
Peserta didik
membuat katalog flora dan fauna yang dilindungi. Katalog terdiri daftar nama
flora dan fana, asal daerah, dan keunikannya.
Mengasosiasi
·
Peserta didik
ditugasi untuk menganalisis informasi dari buku teks dan bacaan lainnya untuk
mendapatkan kesimpulkan tentang sebaran flora dan fauna di Indonesia dan
dunia.
·
Kegiatan lainnya yang
dapat dilakukan adalah mencari contoh kasus keterkaitan
teori yang telah dipelajarinya dengan gejala dan fenomena nyata tentang
sebaran flora dan fauna Indonesia dan dunia sehingga menjadi lebih bermakna,
atau
·
Peserta didik
menelaah dan mengajukan konsep pelestarian keanekaragaman hayati yang ada di
dunia atau dunia.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik
diminta mengomunikasikan hasil analisisnya dalam bentuk tulisan yang dilengkapi
dengan gambar, ilustrasi, animasi, audio visual, serta dibantu dengan perangkat teknologi
informasi dan komunikasi,
·
Peserta didik
diminta untuk membuat poster ajakan pelestarian flora dan fauna langka.
|
Tugas:
Peserta didik ditugasi membuat poster
tentang perlindungan flora dan fauna.
Observasi: mengamati aktivitas peserta didik dalam
proses mengumpulkan data, analisis data, pembuatan laporan, dan menyiapkan bahan yang akan dikomunikasikan (dipresentasikan).
Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam
penguasaan konsep dan teori tentang sebaran flora dan
fauna di Indonesia dan dunia. Bentuk tes dapat
berupa pilihan ganda atau tes uraian.
|
5 mgg xJP
|
-
Buku teks geografi kelas XI
-
Jurnal ilmiah
-
Informasi berkala instansi terkait
-
Media audio visual
-
foto fauna dan flora
-
Peta tematik
-
Sumber yang tersedia di jaringan internet,
|
3.2
Menganalisis sebaran barang tambang di Indonesia berdasarkan
nilai strategisnya.
4.2
Mengomunikasikan sebaran barang tambang di
Indonesia berdasarkan nilai strategisnya dalam bentuk artikel ilmiah,
makalah, atau bahan publikasi lainnya.
|
SEBARAN
BARANG TAMBANG INDONESIA
-
proses pembentukan barang tambang
-
potensi dan persebaran barang tambang
-
eksplorasi dan eksploitasi barang tambang ramah
lingkungan
-
pemanfaatan, efisiensi, dan reklamasi lokasi
pertambangan.
-
Tata kelola pertambangan
|
Mengamati
·
Peserta didik
diminta untuk mengamati peta persebaran potensi barang tambag Indonesia
berdasarkan jenis dan volumenya, atau
·
Peserta didik
diminta untuk menyaksikan pemutaran video,
membaca buku sumber, media masa
dan internet, berkunjung ke museum geologi, atau observasi di lingkungan
sekitar untuk mendapat wawasan pengetahuan tentang proses pembentukan
barang tambang, potensi dan persebaran barang tambang, eksplorasi dan
eksploitasi barang tambang ramah lingkungan, pemanfaatan, efisiensi dan
reklamasi lokasi pertambangan, serta tata kelola pertambangan.
Menanya
·
Peserta didik
ditugasi untuk mengajukan pertanyaan secara tertulis tentang banyak hal yang
belum diketahuinya tentang sebaran barang tambang Indonesia, atau
·
Peserta didik
diminta untuk membuat hipotesis tentang alternatif pemanfaatan, efisiensi
dan reklamasi lokasi pertambangan, serta tata kelola pertambangan. Pertanyaan atau hipotesis dibuat secara perorangan
atau kelompok.
Mengeksperimenkan/
mengeksplorasi/mengumpulkan data:
·
Peserta didik
diminta mencari data dan informasi terkait pertanyaan atau hipotesis tentang proses pembentukan barang
tambang, potensi dan persebaran barang tambang, eksplorasi dan eksploitasi
barang tambang ramah lingkungan, pemanfaatan, efisiensi dan reklamasi lokasi
pertambangan, serta tata kelola pertambangan.
·
Peserta didik diminta untuk membuat peta
sebaran barang tambang yang ada di daerahnya lengkap dengan katalognya.
Pembuatan peta dilakukan secara berkelompok.
Mengasosiasi
·
Peserta didik
diminta untuk menganalisis data dan informasi atau mencari contoh nyata dalam
kehidupan sehari-hari sehingga dapat menarik kesimpulan tentang arti penting
barang tambang dalam pembangunan nasional.
·
Peserta didik
diminta untuk menggunakan teori yang telah dipelajarinya untuk menyelesaikan
permasalahan kelangkaan barang tambang.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik
diminta menyampaikan hasil pekerjaannya (peta persebaran barang tambang) di
depan kelas dengan perangkat teknologi
informasi dan komunikasi, atau
·
Peserta didik
membuat artikel atau makalah tentang ketersediaan barang tambang dan
pemanfaatannya yang ada di daerahnya.
|
Tugas:
Peserta didik membuat peta
sebarang barang tambang yang ada di dearahnyanya
Observasi: mengamati
aktivitas peserta didik dalam menyajikan/ ekspose
hasil observasi atau kunjungan.
Portofolio:
Menilai
hasil pekerjaan pesetta didik seperti kumpulan tulisan,
gambar atau grafik
potensi barang tambang di Indonesia.
Tes:
Menilai
kemampuan peserta didik dalam penguasaan konsep dan teori tentang sebarang barang tambang di Indonesia.
|
5 mgg xJP
|
-
Buku teks geografi kls XI
-
Data barang tambang dari mementerian ESDM
-
Jurnal ilmiah
-
Informasi berkala instansi terkait
-
Media Visual
-
Sampel barang tambang
-
Peta tematik
-
Sumber lain yang diperoleh dari situs terkait di
internet,
|
3.3
Menganalisis kondisi geografis Indonesia
untuk ketahanan pangan nasional, penyediaan bahan industri, dan energi
alternatif.
4.3
Menyajikan data dan fakta kondisi geografis
Indonesia untuk memperkuat ketahanan pangan nasional, penyediaan bahan
industri, dan energi alternatif dalam bentuk narasi, tabel, peta, grafik, dan
atau peta konsep.
|
POTENSI
GEOGRAFIS INDONESIA
-
Luas dan batas teritorial
-
Potensi fisik dan sosial
-
Potensi geografis untuk ketahanan pangan,
-
Potensi geografis untuk penyediaan bahan industri
-
Potensi geografis untuk energi alternatif
|
Mengamati
·
Peserta didik diminta untuk mengamai peta/atlas
Indonesia, membaca referensi
dari berbagai sumber untuk mengidentifikasi luas dan batas teritorial,
potensi fisik dan sosial, potensi geografis untuk ketahanan pangan, potensi
geografis untuk penyediaan bahan industri, potensi geografis untuk energi
alternatif.
·
Peserta didik ditugasi untuk menyaksikan tayangan
video tertentu yang menggambarkan kekayaan potensi geografi Indonesia.
Menanya
·
Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang
luas dan batas teritorial, potensi fisik dan sosial, potensi geografis untuk
ketahanan pangan, penyediaan bahan industri, potensi geografis untuk energi
alternatif, atau
·
Peserta didik mengajukan hipotesis tentang
penyediaan ketahanan pangan, bahan industri, dan energi jika Indonesia tidak
mampu menyediakannya.
Mengeksperimenkan/
mengeksplorasi/mengumpulkan data:
·
Peserta didik diminta untuk menjawab
pertanyaan yang diajukannya dengan cara mencari berbagai sumber (peta, citra
inderaja, internet, media massa)
·
Peserta didik diminta untuk menjawab
hipotesis yang diajukan tentang ketahanan pangan, bahan industri, dan energi yang
semakin krisis di Indonesia.
Mengasosiasi
·
Peserta didik diminta untuk memberi contoh
tentang potensi geografis Indonesia sehingga peserta didik dapat menyimpulkan
tentang potensi geografis indonesia untuk kesejahteraan rakyat Indonesia,
atau
·
Peserta didik diminta untuk membuat artikel
yang berisis gagasan untuk mengatasi kelangkaan ketahanan pangan, bahan
industri, dan energi di Indonesia.
Mengomunikasikan
· Peserta
didik menyampaikan gagasan yang telah
dituangkannya dalam artikel tentang potensi dan kekayaan geografis Indonesia
melalui lisan, tulisan naratif, tabel, peta, grafik, dan atau peta konsep.
Kegiatan mengomunikasikan didukung oleh peta, citra penginderaan jauh, media
audio visual, dan atau diunggah di internet.
|
Tugas:
Peserta didik diminta untuk
membuat peta sebaran potensi lahan untuk ketahanan bahan pangan, industri dan
energi alernatif.
Observasi: mengamati aktivitas peserta didik
dalam diskusi, dan pengumpulan, analisis data, dan membuat laporan serta
bahan untuk dikomunikasi.
Portofolio:
Menilai kumpulan tugas hasil
pekerjaan peserta didik selama proses pembelajaran.
Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam
konsep yang berkaitan dengan potensi geografi Indonesia dalam dalam penyediaan bahan pangan,
industri, dan energi alternatif.
|
6 mgg xJP
|
-
Buku teks Geografi SMA kelas XII
-
Peta Indonesia,
-
Peta tematik
-
atlas,
-
citra Inderaja (penginderaan jauh)
-
media audio visual
-
Sumber lain yang terkait di situs terikat
di internet
-
dan lain-lain
|
3.4
Menganalisis dinamika dan masalah
kependudukan serta sumber daya manusia di Indonesia untuk pembangunan.
4.4
Menyajikan laporan observasi tentang
dinamika dan masalah kependudukan serta sumber daya manusia di Indonesia
dengan memperhatikan prinsip-prinsip geografi dalam bentuk makalah atau
bentuk publikasi lainnya.
|
DINAMIKA
DAN MASALAH KEPENDUDUKAN
-
Sumberdata kependudukan
-
Kuantitas dan analisis demografi
-
Kualitas penduduk
-
Mobilitas penduduk dan pengendaliannya.
-
Permasalahan kependudukan dan solusinya.
|
Mengamati
·
Peserta didik
diminta untuk membaca tabel, mengamati peta, membaca buku sumber, media masa dan internet untuk mendapat wawasan
pengetahuan tentang sumberdata kependudukan, kuantitas dan analisis
demografi, kualitas penduduk, mobilitas penduduk dan pengendaliannya, dan
permasalahan kependudukan dan solusinya.
·
Peserta didik
ditugasi untuk menyaksikan pemutaran video tentang ledakan penduduk dunia dan
dampaknya terhadap kerawanan sosial, atau
·
Peserta didik
diminta untuk observasi di lingkungan sekitar, seperti berkunjung ke BPS dan
instansi terkait dengan kependudukan.
Menanya
·
Peserta didik
diminta untuk mengajukan pertanyaan yang akan disampaikan kepada nara sumber
pada saat kunjungan atau observasi lapangan,
·
Kegiatan lainnya
dapat juga meminta peserta didik untuk merumuskan masalah, mengajukan
hipotesis, atau mengkritik teori yang ada tentang dinamika dan masalah
kependudukan.
Mengeksperimenkan/
mengeksplorasi/mengumpulkan data:
·
Peserta didik
diminta untuk mencari data dan informasi dari buku teks, jurnal, internet,
dan bacaan lain untuk menjawab masalah, pertanyaan, hipotesis, dan
berargumentasi tentang dinamika dan masalah kependudukan, atau
·
Peserta didik berdiskusi
untuk mencari solusi terkait dengan pengendalian jumlah penduduk, peningkatan
kualitas penduduk, dan mobilitas penduduk.
Mengasosiasi
·
Peserta didik
diminta untuk menganalisis data dan informasi
untuk dapat menyimpulkan
dinamika dan masalah ke pendudukan di Indonesia.
·
Kegiatan lainnya
dapat juga mencari contoh keterkaitan antara
teori yang telah dipelajarinya dengan kehidupan nyata.
Mengomunikasikan
·
Hasil analisis dalam bentuk tulisan yang telah dibuat peserta didik disampaikan
secara perorangan atau berkelompok di depan kelas,dipamerkan, atau diunggah
di internet.
·
Peserta didik
diwajibkan mengikuti lomba menulis artikel untuk dimuat di koran daerah.
|
Tugas:
Membuat artikel tentang solusi
mengatasi masalah kependudukan yang disampaikan kepada koran daerah.
Observasi: mengamati aktivitas peserta didik dalam
mengumpulkan data, analisis data, dan pembuatan laporan
Portofolio:
Menilai
kumpulan tulisan, gambar atau peta
dinamika dan masalah kependudukan di
Indonesia
Tes:
Menilai
kemampuan peserta didik dalam penguasaan konsep tentang dinamika dan masalah
kependudukan di Indonesia.
|
6 mgg xJP
|
-
Buku teks
geografi kelas XI
-
Data BPS
-
Jurnal ilmiah
-
Informasi berkala instansi terkait
-
Media Visual
-
Peta tematik
-
Situs terkait di internet,
|
3.5
Menganalisis keragaman budaya bangsa
sebagai identitas nasional dalam konteks interaksi global.
4.5
Menyajikan analisis keragaman budaya bangsa
sebagai identitas nasional pada konteks interaksi global dalam bentuk gambar
dan peta.
|
BUDAYA
NASIONAL DAN INTERAKSI GLOBAL
-
Sebaran keragaman budaya nasional
-
Identifikasi identitas nasional
-
Interaksi global pengaruhnya terhadap budaya nasional
-
Budaya tradisional sebagai potensi wisata dan ekonomi
kreatif.
|
Mengamati
·
Peserta didik
diminta untuk membaca tabel, mengamati peta, membaca buku sumber, media masa dan internet untuk mendapat wawasan
pengetahuan tentang sebaran keragaman
budaya nasional, identitas nasional, interaksi global pengaruhnya
terhadap budaya nasional, dan budaya tradisional sebagai potensi wisata dan
ekonomi kreatif.
·
Peserta didik
ditugasi untuk menyaksikan pemutaran video tentang budaya nasional, atau
·
Peserta didik
diminta untuk observasi di lingkungan yang terkait dengan pelestarian
kesenian tradisional.
Menanya
·
Peserta didik
diminta untuk mengajukan pertanyaan yang akan disampaikan kepada nara sumber
pada saat observasi lapangan,
·
Kegiatan lainnya
dapat juga meminta peserta didik untuk merumuskan masalah, mengajukan
hipotesis, atau mengkritik teori yang ada tentang pelestarian budaya nasional
di tengah budaya global.
Mengeksperimenkan/
mengeksplorasi/mengumpulkan data:
·
Peserta didik
diminta untuk mencari data dan informasi dari buku teks, jurnal, internet,
dan bacaan lain untuk menjawab masalah, pertanyaan, hipotesis, dan
berargumentasi tentang pelestarian budaya dan interaksi global, atau
·
Peserta didik
berdiskusi untuk mencari solusi terkait dengan pengembangan wisata dan
ekonomi kreatif berbasis budaya nasional.
·
Peserta didik
diminta untuk membuat peta sebaran budaya nasional lengkap dengan katalognya.
Mengasosiasi
·
Peserta didik
diminta untuk menganalisis data dan informasi
untuk dapat menyimpulkan masalah budaya dan interaksi global.
·
Kegiatan lainnya
dapat juga mencari contoh keterkaitan antara
teori yang telah dipelajarinya dengan kehidupan nyata.
Mengomunikasikan
·
Hasil
analisis dalam bentuk tulisan yang telah dibuat peserta didik disampaikan
secara perorangan atau berkelompok di depan kelas,dipamerkan, atau diunggah
di internet.
·
Peserta didik
diwajibkan mengikuti lomba menulis artikel tentang wisata budaya nasional
untuk dimuat di koran daerah.
|
Tugas:
Membuat artikel tentang budaya
nasional untuk disampaikan kepada koran daerah.
Observasi: mengamati aktivitas peserta didik dalam
mengumpulkan data, analisis data, dan pembuatan laporan
Portofolio:
Menilai
kumpulan tulisan, gambar atau peta
persebaran budaya nasional
Tes:
Menilai
kemampuan peserta didik dalam penguasaan konsep tentang budaya nasional dan interaksi global.
|
5 mgg xJP
|
-
Buku teks
geografi kelas XI
-
Jurnal ilmiah
-
Informasi berkala instansi terkait
-
Media Visual
-
Peta tematik
-
Situs terkait di internet,
|
3.6
Menganalisis bentuk-bentuk kearifan lokal
dalam pemanfaatan sumber daya alam bidang pertanian, pertambangan, industri,
dan pariwisata.
4.6
Menyajikan contoh tindakan bijaksana pada
pemanfaatan sumber daya alam bidang pertanian, pertambangan, industri, dan
pariwisata dalam bentuk makalah atau bentuk publikasi lainnya.
|
KEARIFAN
DALAM PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM
-
Kegiatan pertanian
-
Kegiatan pertambangan
-
Kegiatan industri dan jasa
-
sumberdaya energi ramah lingkungan dan terbarukan
-
Pemanfaatan sumberdaya alam dengan prinsip ekoefisiensi
-
AMDAL dan ekolabel.
|
Mengamati
·
Peserta didik
diminta untuk mengamati peta, membaca buku sumber, media masa dan internet, untuk mendapat wawasan
pengetahuan tentang kearifan dalam pemanfaatan sumberdaya alam dalam bidang
pertanian, pertambangan, industri dan jasa, energi ramah lingkungan dan
terbarukan, serta kebijakan tentang AMDAL dan ekolabel.
·
Peserta didik diminta
untuk menyaksikan pemutaran video tentang pemanfaatan sumber daya alam dengan
prinsip ekoefisiensi.
·
Peserta didik
diminta untuk observasi di lingkungan sekitar, berkunjung ke instansi terkait
(KESDM, KLH, dan Dinas Perindustrian dan perdagangan).
Menanya
·
Peserta didik
diminta untuk merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, atau mengkritik teori
(dan kebijakan) tentang pemanfaatan sumber daya alam.
·
Peserta didik
ditugasi untuk membuat daftar pertanyaan sebagai panduan dalam belajar
tentang kearifan dalam pemanfaatan sumber daya alam.
Mengeksperimenkan/
mengeksplorasi/mengumpulkan data:
·
Peserta didik
diminta untuk mencari data dan informasi untuk menjawab pertanyaan atau berargumentasi tentang tindakan arif dalam pemanfaatan
sumberdaya alam.
·
Peserta didik
ditugasi untuk berdiskusi dan membuat poster yang isinya tentang tindakan
arif dalam pemanfaatan sumberdaya alam.
Mengasosiasi
·
Peserta didik
diminta untuk menganalisis data dan informasi yang diperoleh dari buku paket,
referensi lain terkait untuk mendapatkan kesimpulan kearifan dalam
pemanfaatan sumberdaya alam.
·
Kegiatan lainnya
adalah menghubungkan teori yang telah
dipelajarinya dengan kehidupan nyata dengan cara memberi contoh konkrit
tentang kearifan dalam pemanfaatan sumber daya alam.
Mengomunikasikan
·
Hasil analisis
dan kesimpulan yang dibuat peserta
didik secara tertulis disampaikan dalam forum diskusi. Tulisan dilengkapi dengan
gambar. Presentasi dilengkapi dengan video dan animasi yang didukung oleh
perangkat teknologi informasi. Bentuk komunikasi
juga dapat dipamerkan atau diunggah di internet. Gagasannya juga dapat diusulkan
kepada intansi terkait.
|
Tugas:
Membuat artikel yang akan
diusulkan kepada intansi terkait sebagai usulan dalam mengatasi masalah yang
terkait dengan pemanfaatan sumber daya alam.
Observasi: mengamati aktivitas peserta didik dalam
mengumpulkan data, analisis data, dan pembuatan laporan
Tes:
Menilai
kemampuan peserta didik dalam
penguasaan konsep tentang kearifan pemanfaatan sumberdaya alam.
|
5 mgg xJP
|
-
Buku teks geografi kls XI
-
Data dan informasi dari KESDM, KLH, dan dinas terkait
-
Jurnal ilmiah
-
Informasi berkala instansi terkait
-
Media audio visual
-
Peta tematik
-
Situs terkait di internet,
-
Dan lain-lain
|
3.7
Mengevaluasi tindakan yang tepat dalam
pelestarian lingkungan hidup kaitannya dengan pembangunan yang berkelanjutan.
4.7
Mengomunikasikan contoh tindakan yang tepat dalam
pelestarian lingkungan hidup kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan dalam
bentuk makalah atau bentuk publikasi lainnya.
|
PELESTARIAN
LINGKUNGAN HIDUP DAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN
-
lingkungan hidup (aliran energi, rantai makanan, siklus
biogeokimia)
-
kualitas dan baku mutu lingkungan,
-
pencemaran, perusakan dan resiko lingkungan,
-
faktor-faktor penyebab pemanasan global
-
Implementasi pembangunan berkelanjutan
|
Mengamati
· Peserta didik diminta untuk mengamati peta, membaca tabel, membaca buku sumber, media masa dan
internet, untuk mendapat wawasan tentang lingkungan
hidup (aliran energi, rantai makanan, siklus biogeokimia), kualitas dan baku
mutu lingkungan, pencemaran, perusakan dan resiko lingkungan, faktor-faktor
penyebab pemanasan global, Implementasi pembangunan berkelanjutan.
· Peserta didik diminta untuk menyaksikan pemutaran video dengan tema
yang terkait dengan pembangunan yang berkelanjutan
· Peserta didik diminta ditugasi untuk observasi di lingkungan sekitar
atau berkunjung ke instansi terkait (KLH) untuk mengetahui permasalahan
lingkungan hidup.
Menanya
·
Peserta didik diminta
untuk mengajukan pertanyaan secara perorangan tentang kerusakan lingkungan.
·
Peserta didik diminta
untuk mengajukan hipotesis penanggulangan masalah lingkungan.
·
Peserta didik diminta
untuk mengkritik teori (dan kebijakan) tentang pelestarian lingkungan hidup
dan pembangunan berkelanjutan.
Mengeksperimenkan/
mengeksplorasi/mengumpulkan data:
·
Peserta didik
ditugasi untuk mencari data dan informasi untuk menjawab pertanyaan dan
hipotesis yang diajukan sebagai bahan berargumentasi tentang pelestarian
lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.
·
Peserta didik berdiskusi
tentang upaya pelestarian lingkungan hidup dengan produk karya berupa poster.
Mengasosiasi
·
Peserta didik
diminta untuk memberi contoh, menghubungkan antara teori dan kenyataan, atau
mengevaluasi tindakan dan
peran penduduk dalam pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.
·
Peserta didik
membuat artikel yang menganalisis faktor penghambat upaya pelestarian
lingkungan hidup.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik
mengomunikasian hasil analisis data
dan kesimpulan baik dalam bentuk tulisan maupun lisan dibantu dengan
perangkat teknologi informasi dan
komunikasi sehingga dapat dipresentasikan, dipamerkan, diunggah di internet,
atau gagasannya diusulkan kepada intansi terkait.
|
Tugas:
Membuat poster lingkungan hidup
secara berkelompok
Observasi: mengamati
aktivitas peserta didik dalam mengerjakan tugas dan
presentasi tentang pelestarian
lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan
Portofolio:
Menilai
kumpulan tugas berupa kliping, laporan observasi, laporan kerusakan
lingkungan dan pelestariannya.
Tes:
Menilai
kemampuan peserta didik dalam
penguasaan konsep tentang lingkungan
hidup dan pembangunan berkelanjutan.
|
4 mgg xJP
|
-
Buku teks geografi kls XI
-
Data KLH
-
Berita dan kasus yang dimuat di media massa.
-
Jurnal ilmiah
-
Informasi berkala instansi terkait
-
Media audio visual
-
Situs terkait di internet,
-
Dan lain-lain
|
No comments:
Post a Comment